Oleh: mursyidroom | Mei 18, 2008

KOMITMEN BERAGAMA

Allah Swt dalam al Qur an surat Ali Imran :101 menegaskan, agar orang-orang beriman bertaqwa kepada Allah swt dengan sebanar-benar taqwa, dan mempertahankan keislaman sampai akhir hayat (kematian).  Menjalankan ketaqwaan dengan sebenar-benar taqwa, menuntut keseriusan para mukmin dalam menjalankan ajaran agama sesuai tuntunan Allah swt. Ibnu Abbas menyatakan dalam tafsirnya, bahwa ketaqwaan yang benar-benar taqwa adalah melaksanakan kethaatan kepada Allah Swt tanpa melakukan kemaksiatan, mensyukuri nikmat yang dianugrahkan Allah tanpa sedikitpun ada yang di ingkari, dan senantiasa ingat Allah Swt tanpa sekejappun melupakan Nya.

Ada beberapa langkah yang dapat ditempuh para mukmin dalam meningkatkan komitmen beragama :

  1. Gali dan kokohkan IMPIAN dalam beragama. Apa yang sebenarnya diinginkan oleh Mukmin dalam hidup beragama, harus menjadi kesadaran yan mendalam sebagai sesuatu yang benar-benar harus dicapai dalam perjalanan hidupnya. Impiaan beragama yang paling tinggi dan mulya adalah mencapai Ridla Nya “ILAHY ANTA MAQSUDY WA RIDLAKA MATHLUBY”. Impian merupakan sumber kekuatan yang dapat mengarahkan gerak hidup seseorang untuk focus dan konsisten dalam menjalankan aktifitasnya guna meraih yang diimpikan. 
  2. Mantapkan dan kuatkan keyakinan, bahwa Islam yang dianut dalam beragama merupakan Agama – konsep Ilhiyah – yang menjadi satu-satunya instrumen dalam meraih impian. Keyakinan seorang beragama terhadap agamanya, bahwa impian dalam hidupnya akan diraih melalui pengamalan ajaran agamanya, akan menjadi kekuatan daya dorong yang amat dahsyat dalam membangkitkan semangat untuk menjalankan ajaran agama.   
  3. Kembangkan sikap positif terhadap islam. Sikap positif terhadap Islam, mendidik para mukmin untuk senantiasa bersedia menerima terhadap segala ketentuan ajaran-ajarannya, bahkan dengan sikap positif itu seoran mukmin akan mengembangkan ajaran islam dalam kehidupan yang lebih luas. Sikap positif  akan menggerakkan para mukmin untuk lebih memahami Islam secara mendalam.
  4. Tingkatkan pengetahuan tentang Islam, sehingga dalam pengamalan ajaran Islam benar-benar sesuai dengan yang diajarkan oleh Allah Swt.
  5. Bangun jaringan dan komunitas masyarakat mukmin shadiqin. Lingkungan yang kondusif tidak ditunggu melainkan diciptakan melalui gerakan bersama para mukmin.
  6. Gali dan kembangkan energi sosial melalui gesekan positif antar mukmin dalam melakukan kontak kemanusiaan yan diwujudkan dalam bentuk saling memberi nasehat, saling tolong menolong dalam kebaikan dan amar makruf nahi munkar.
  7. Berdoalah pada Allah Swt untuk senantiasa memperoleh hidayah Nya, memiliki kekuatan dalam menjalankan amanat Nya.     

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: